Hi Pelanggan, Jam Operasional Trans Studio Bandung pada Sabtu, 27 Apr 2024 adalah Pkl 12.00 - Pkl 20.00 WIB. Terima kasih.

5 Panduan Sukses Gelar Wisuda Virtual Ini Sadarkan Pentingnya Digital Ready | transstudio

INFORMASI LAINNYA

transstudio

5 Panduan Sukses Gelar Wisuda Virtual Ini Sadarkan Pentingnya Digital Ready

5 Panduan Sukses Gelar Wisuda Virtual Ini Sadarkan Pentingnya Digital Ready

Di era new normal seperti ini menjadi hal biasa melakukan suatu kegiatan secara virtual atau online. Segala kegiatan kini berpindah ke dunia digital untuk meminimalisir kontak antar individu. Mulai dari kerja dari rumah, meeting, belanja dan tak terkecuali di bidang pendidikan seperti sekolah dan juga wisuda.

Untuk menghindari penyebaran virus Covid-19, universitas di dunia berbondong-bondong menggelar acara wisuda virtual. Dengan adanya wisuda virtual, para wisudawan tetap merasakan kebahagiaan setelah menempuh ilmu dan diwisuda. Dan tentunya setiap universitas memiliki keunikan tersendiri saat melaksanakan wisuda virtual.

Nah, agar wisuda virtual berjalan sukses tentu harus menyiapkan segala sesuatu dengan tepat. Digital ready atau kesiapan teknologi menjadi faktor terpenting dalam menyelenggarakan wisuda virtual. Berikut 5 panduan sukses wisuda virtual yang sadarkan pentingnya digital ready.

 

1. Ciptakan suasana khidmat secara virtual


Wisuda Virtual di Trans Studio Cibubur

 

Dalam menyelenggarakan wisuda virtual, tentu saja harus dilakukan secara khidmat seperti wisuda secara fisik. Meski tidak dilakukan tatap muka, namun upacara wisuda virtual tetap harus terasa seperti di dunia nyata.

Untuk itu perlu memilih venue yang fasilitasnya memadai seperti jauh dari jalanan yang bising maupun suasana yang mendukung. Tak cuma itu, gedung yang menjadi tempat wisuda virtual juga harus memiliki sound yang baik sehingga jelas dan sampai kepada audiens di rumah.

 

2. Hemat budget dengan nego paket dari vendor berpengalaman

Source : Pexels.com/Breakingpic

 

Sebelum menyelenggarakan wisuda virtual, tentunya memilih vendor sangat penting. Carilah vendor yang berpengalaman dalam menyelenggarakan acara sehingga bisa meminimalisir terjadinya kesalahan.

Kumpulkan beberapa daftar harga dari beberapa vendor kemudian pilih yang sesuai dengan budget. Jangan lupa untuk negosiasi paket dengan vendor agar menghemat budget.

 

3. Pastikan venue digital ready

Panggung dan LED Trans Studio Cibubur

Yang paling penting dalam menyelenggarakan wisuda virtual tentu saja venue yang digital ready. Wisuda virtual tanpa adanya digital ready tentu tak akan berjalan sukses.

Salah satu venue yang digital ready adalah Trans Studio Cibubur dan Trans Studio Bandung. Venue ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan digital ready.

Misalnya saja seperti teknologi LED yang ada pada panggung Amphitheatre di Trans Studio Cibubur dan juga Trans Studio Bandung.  Adanya teknologi LED untuk VR maupun 3D mapping, membuat wisuda virtual semakin menarik.

Selain wisuda virtual, bahkan di Trans Studio Cibubur  dan Trans Studio Bandung juga bisa diselenggarakan virtual event seperti konser, product launching, dan masih banyak lainnya. Tentunya event yang diselenggarakan di venue ini akan semakin menarik audiens karena panggung yang ditawarkan sangat megah dan spektakuler.

 

4. Pastikan ada rehearsal atau gladi resik sebelum hari H

Kegiatan Gladi Resik Wisuda Virtual

Setiap mengadakan event, sudah pasti selalu ada rehearsal atau gladi resik sebelum hari H. Begitu pula saat menyelenggarakan wisuda, tentu tetap ada gladi resik sebagai panduan saat hari H.

Meski dilakukan secara online, namun wisuda virtual juga harus ada rehearsal. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir kesalahan di hari H.

 

5. Membuat panduan penggunaan software meeting untuk peserta

Penggunaan Software Meeting di Wisuda Virtual

Wisuda virtual tentunya sangat membutuhkan panduan penggunaan software meeting. Hal ini agar para peserta tidak kebingungan saat acara wisuda virtual.

Mulailah dari panduan link yang akan dibuka, kemudian langkah-langkah apa saja yang dilakukan selama acara berlangsung dan panduan lainnya. Panduan bisa berupa file PDF, gambar atau lainnya yang simpel dan jelas agar mudah dipahami.