Halo Friends, kami tutup sementara mulai dari 22 Juni 2021.

Ikuti Instagram @transstudio.bandung untuk informasi lebih lanjut.

+

Intip 5 Kemampuan Dasar Wajib Dikuasai Game Developer Kelas Atas

Senin, 08 Maret 2021
Intip 5 Kemampuan Dasar Wajib Dikuasai Game Developer Kelas Atas

Industri game melesat jauh selama 2020. Dilansir dari Reuters, Industri game secara global pada 2020 untung sebesar $ 159 miliar atau Rp 2.269 triliun. Di saat sektor ekonomi lainnya turun di masa pandemi, angka ini sangat fantastis. Tak heran karier di dunia ini sangat menjanjikan seperti menjadi seorang Game Developer untuk studio game kelas atas.

Meniti karier menjadi seorang Game Developer terdengar sangat sulit. Kita harus bisa menguasai aneka Bahasa pemograman dan lihai dalam coding. Jangan takut dulu, ternyata menjadi Game Developer yang handal bisa dimulai dari nol tanpa persiapan apapun.

Mari kita simak 5 kemampuan dasar yang wajib dikuasai untuk menjadi Game Developer kelas atas di bawah ini;

1. Kolaborasi

Layaknya industri kreatif lainnya, Game Development membutuhkan kolaborasi dari banyak pihak. Untuk sukses, kamu harus bisa bekerja sama dengan Animators, Software Developers, Writers, Game Testers, dan masih banyak lagi. Sebuah game yang sukses adalah hasil kerjasama dari ratusan orang yang mencurahkan kasih sayang dan kerja keras maksimal dalam pekerjaannya.

Belajar langsung dari ahlinya dengan berkolaborasi di workshop "Behind The Game" yang diselenggarakan oleh Trans Studio Bandung dan GameChanger Studio. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 20 Maret 2021 ini akan memperkenalkanmu dengan industri game di Tanah Air.

Kamu akan langsung berkenalan dengan aneka kemampuan dasar dalam membuat game seperti penulisan cerita, seni, desain, animasi dan suara, dan tentunya coding dalam game. Cukup investasi Rp 500.000, workshop ini akan menjadi langkah awalmu menyelami dunia gaming di Tanah Air. Gunakan kode voucher PRESALE50 untuk mendapatkan potongan Rp 20.000 bagi 50 pendaftar pertama.

Selain ilmu yang bermanfaat, kamu juga mendapatkan 1 tiket weekend Trans Studio Bandung dan e-sertifikat. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi 0811 811 2960 (WA) atau klik link berikut ini (bit.ly/WorkshopGameTransStudioXGameChanger).

 

2. Manajemen waktu

Mengolah waktu dan bisa memprioritaskan pekerjaan mana yang harus diselesaikan lebih dahulu ternyata penting dalam pembuatan game. Alur kerja atau workflow yang dinamis dan selalu berubah membuat seorang Game Developer harus pandai mengatur waktu.

Manajemen waktu juga sangat mudah untuk dipelajari. Sadar atau nggak, kamu sebenarnya sudah melakukan ini sejak kecil. Mulai dari menyiapkan buku pelajaran untuk besok hari sampai mengerjakan PR di malam hari adalah contoh dari manajemen waktu. 

3. Kreativitas

Kreativitas memegang peranan penting dalam industri game. Seorang game developer harus mempunyai imajinasi yang kuat untuk menghadapi aneka permasalahan yang pasti muncul dalam sebuah development game. Kreativitas juga sangat dibutuhkan untuk menghadirkan solusi out of the box saat progress development game tersendat.

Nggak perlu menjadi seorang seniman untuk mempunyai kreativitas yang bagus. Cara unik hadapi tantangan sehari-hari juga merupakan contoh dari kreativitas. Misalnya, mentiriskan mi instan cup goreng dengan membuat lubang di tutupnya agar airnya tidak menyiprat.

4. Storytelling

Sebuah game yang sukses pasti memiliki storytelling yang memikat. Dari pengembangan karakter sampai plot cerita, story telling bisa menyulap game yang biasa saja menjadi top seller. Kemampuan ini wajib dimiliki oleh seorang Game Developer.

Story telling bisa dipelajari dengan rajin membaca. Dengan rajin membaca, kita bisa mengetahui bagaimana sebuah cerita dibentuk dan berkembang. Tak ada kata terlambat, kemampuan ini bisa dilatih kapan saja dan dimana saja.

5. Adaptasi

Awalnya pasti kamu ngeri melihat sulitnya belajar coding. Padahal kemampuan ini sangat penting bagi seorang Game Developer. Perkembangan software coding dan teknik terbaru membuatmu harus mempunyai pikiran terbuka dan beradaptasi dengan cepat sesuai dengan perubahan zaman.

Jangan mau terlena dengan zona nyaman. Asah kemampuan adaptasi dengan selalu mencari solusi atas permasalahan yang kamu hadapi sehari-hari. Pantang menyerah, jangan biarkan rintangan kecil menjadi alasanmu malas untuk beradaptasi ya!

Berita & Event Lainnya